MADRASAH TERCINTA


KATA PENGANTAR  
           
Segala puji bagi ALLAH SWT yang telah melimpahkan nikmat Rahmat, taufik beserta hidayah-Nya. Sholawat beserta salam pun semoga tetap tercurahkan kepada baginda nabi muhammad SAW sebagai pembawa syariat islam untuk diimani, dihayati, dipelajari dan diamalkan oleh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Berkat ridho Allah SWT dan bimbingan guru juga do’a dari teman-teman seperjuangan akhirnya pada kesempatan ini saya mewakili sekolah MA Zainul Ulum dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Karya tulis ini berjudul “Madrasah Tercinta”yang disusun sebaik mungkin sehingga kedepanya diharapkan dapat memenuhi kriteria penilaian lomba
Dalam penulisan karya tulis ini penulis tidak luput dari berbagi kelemahan dan keterbatasan, oleh karena itu kami sangat mengharapkan bimbingan dan saran-saran yang membangun dari para pembaca sekalian agar nantinya kami dapat membuat karya tulis ilmiah yang lebih baik lagi.
Kami berharap melalui karya tulis ilmiah ini dapat menambah wawasan keilmuan para pembaca sekalian dan menyegarkan ingatan kita mengenai sejarah berdirinya madrasah sekoloah tercinta kita. Semoga Allah selalu membimbing kita menuju ke jalan yang lebih baik lagi. Amin


                                                                                                Malang, 11september 2017



         Penulis






PROFIL MADRASAH

Madrasah Aliyah Zainul Ulum Berdiri pada Tahun 2007 bulan september, dibawah naungan yayasan pondok pesantren Zainul Ulum. Sedangkan pondok pesantren Zainul Ulum didirikan oleh KH. Zainal Alim pada tahun 1910. Yayasan pendidikan islam Zainul Ulum terdiri dari beberapa pendidikan yang meliputi lembaga formal maupun nonformal,untuk pendidikan formal sendiri terbagi menjadi beberapa lembaga diantaranya : Raudlatul Athfal (RA) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Tsanawiyah (Mts) Dan Madrasah Aliyah (MA).Sedangkan untuk pendidikan nonformal terdiri dari Madrasah Diniyah Dan RTQ Zainal Alim.
Madrasah Aliyah Zainul Ulum Awal mulanya dikepalai oleh Bpk. Subakri S.Ag sampai pada tahun 2013.Disaat itulah Bpk. Sa’roni Spd.I Menggantikan Jabatan Kepala sekolah madrasah aliyah Zainul Ulum Melalui Rapat yayasan dan dewan guru.Kegiatan belajar Mengajar(KBM) disekolah ini berbeda dengan sekolah pada umumnya,karna pembelajaran yang di utamakan disekolah ini adalah pelajaran agama, namun bukan berarti mengenyampingkan mata pelajaran umum. Hal ini disebabkan karna Madrasah Aliyah Zainul Ulum berdiri dibawah naungan yayasan yang juga terdapat pondok pesantren di dalamnya.
Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah ini dimulai pukul 07:00 s/d 13:30 WIB. Sekolah ini pun juga memiliki kegiatan rutinan yang unik, yaitu selalu mengistiqomahkan siswanya untuk membaca surat yasiin dan asmaul husna beserta doanya saat akan memulai kegiatan belajar mengajar, hal ini bertujuan agar ilmu yang di peroleh siswa-siswinya bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan bisa berguna bagi masyarakat, berbagai kegiatan islami pun sudah banyak dilaksanakan di sekolah ini,salah satu diantaranya adalah program “Kamis Sedekah” Yang mana program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban orang yang kurang mampu,dana itu diperoleh dari hasil iuran siswa yang rutin dilaksanakan setiap hari kamis,dan apabila dana yang terkumpul sudah dirasa cukup maka uang itu pun segera disalurkan kepada para fakir miskin yang ada di daerah ganjaran.
Merupakan suatu kebanggaan bagi diri kami sebagai santri sekaligus siswa yang menuntut ilmu di Madrasah Aliyah Zainul Ulum, karena di era globalisasi yang modern ini kami diharuskan menjadi siswa yang “keren” dalam artian memiliki wawasan dan kepribadian yang religius mengkuti perkembangan zaman. Seiring berjalannya waktu madrasah kami terus mengembangkan diri khususnya di bidang Pramuka,kegiatan pramuka kami aktif sekitar 5 tahun terkhir setelah mengalami pasang surut, sekolah ini telah mampu membuktikan diri dalam peringatan HUT Pramuka yang ke 57 yang diselenggarakan di lapangan putukrejo kecamatan gondanglegi ,dengan membawa 2 trophy dari bidang fotography.
Setelah berhasil membawa trophy dari ajang bergengsi tesebut sekolah ini pun terus berbenah diri dan menyiapkan diri untuk mengikuti kegiatan LBB yang diselenggarakan di Kecamatan Gondanglegi. Satu persatu kegiatan dan persaingan dengan madrasah lain kami taklukan dengan jiwa sportivitas. Tak ada kata lain seain kata bangga untuk Madrasah Aliyah Zainul Ulum, bukan hanya karena kesuksesan yang diraih melainan juga proses yang begitu syahdu kami nikmati dan segala bentuk perjuangan yang kami lalui.
Tahap demi tahap pun sudah dilalui mulai dari kegiatan ekstrakurikuler khususnya dalam bidang pramuka yang telah mencapai kemajuan yang cukup signifikan.
Hal ini tak lepas dari dukungan kepala sekolah yang selalu memberi arahan,motivasi dan saran kepada siswanya agar senantiasa ikut serta melestarikan kegiatan pramuka di sekolah ini.Usaha itu pun tak sia-sia kini sekolah ini telah bangkit dan tengah bersiap untuk menyongsong berbagai kegiatan pramuka yang akan datang.Meski belum sepenuhnya bangkit sekolah ini tetap optimis bahwa 1 tahun kedepan nanti kegiatan pramuka yang ada akan tumbuh menjadi sebuah organisasi yang kuat,tangguh dan di perhitungkan khususnya daerah kecamatan gondanglegi.
Dan sekarang sekolah kami telah siap untuk mengikuti acara GELORA MADRASAH yang diselenggarakan di jabung pada tanggal 10-12 september 2017. Banyak persiapan yang telah dilakukan mulai dari mendatangkan guru private sampai memilih siswa yang berbakat dan terampil dalam bidang pramuka untuk turut serta mengikuti acara Gelora Madrasah ini.Berbekal dari pengalaman sebelumnya sekolah ini hanya membutuhkan beberapa tahap penyempurnaan lagi.
Setelah melakukan berbagai pertimbangan akhirnya sekolah memutuskan untuk ikut serta dalam acara bergengsi tersebut. Berbagai persiapan pun telah dilakukan mulai dari membeli peralatan,menyewa guru private dan menentukan jadwal latihan siswanya.Hal ini dilakukan tak lain untuk memajukan dan mengembangkan kegiatan Pramuka yang ada di sekolah ini,Setelah di rasa cukup dengan persiapan yang ada akhirnya sekolah ini pun telah siap untuk mengikuti acara Gelora Madrasah yang akan dilaksanakan pada tanggal 10-12 september kedepan. Semoga sekolah ini bisa menampilkan performa terbaiknya dan membuktikan diri khususnya di tingkat kabupaten malang.
Semoga sekolah ini bisa mengembangkan diri menjadi lembaga pendidikan yang lebih baik lagi kedepanya, baik dari segi akademik maupun non akademik, khususnya dalam bidang PRAMUKA. Karna dalam pramuka mengajarkan banyak hal yang memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk kalangan anak remaja sekarang yang kebanyakan banyak melakukan penyimpangan sosial. Dengan mengikuti pramuka akan menciptakan pribadi yang mandiri,disiplin dan memiliki pemikiran yang jernih.Sehingga generasi muda yang akan datang bisa menjadi generasi yang beguna bagi bangsa dan negaranya.
Demikianlah Penyusunan Karya tulis ilmiah ini kami buat dengan sebenar-benarnya, apabila dalam penulisan ini terdapat kekurangan baik dari segi penulisan kata maupun penyusunan kalimat kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.Semoga penulisan karya ilmiah ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kedepanya, khususnya bagi kalangan pelajar.kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

                   

Komentar

Postingan Populer